Wednesday, October 10, 2018

Masa awal kemerdekaan Indonesia (1945-1959)

Assalamualaikum wr. wb.

   Pada kali ini YOUiTUBEst akan memaparkan uraian materi berkaitan dengan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa semenjak awal kemerdekaan sampai dengan sekarang.


   Sebagai bangsa yang besar, kita patut menghargai jasa para pendiri bangsa yang telah berhasil merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa. Maka, sejak awal kemerdekaan seluruh rakyat Indonesia bertekad untuk menentukan nasib bangsa sendiri yang baru saja lepas dari belenggu penjajahan dengan berupaya mempertahankan kemerdekaan dari berbagai ancaman, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

   Pada periode ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila. Upaya upaya tersebut, diantaranya sebagai berikut.


  A. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia ( PKI ) di Madiun pada tanggal 18 September 1948.


   Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso. Tujuan utamanya adalah mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis. Dengan kata lain, pemberontakan tersebut akan mengganti Pancasila dengan paham komunis. Pemberontakan ini pada akhirnya digagalkan.


  B. Pemberontakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia  

   Dipimpin oleh  Sakarmaji Marijan Kartosuwiryo. Pemberontakan ini ditandai dengan didirikannya negara Islam Indonesia ( NII ) oleh Kartosuwiryo pada tanggal 7 Agustus 1949. Tujuan utama didirikannya NII adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syari'at Islam.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga

Menyelami Hikmah Teknologi dalam Al-Qur'an

  ﷽ Dalam era modern ini, perkembangan teknologi telah merubah cara kita hidup dan berinteraksi di dunia. Teknologi telah mengubah sistem ...